Tuesday 17 December 2013

Cara Mengatasi Ingus yang Keluar Pada Hidung Lovebird (Pilek Pada Lovebird)


Setiap musim hujan, banyak sekali burung yang sakit bahkan mati dengan gejala awal pilek. Pilek sebenarnya merupakan gejala penyakit, bukan nama dari penyakit itu sendiri. Gejala ini biasanya menyertai penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan
Mengapa pilek sering terjadi pada musim hujan? Sebab, pada musim hujan, udara terasa lebih dingin daripada biasanya. Apabila kondisi tidak fit, maka sistem pertahanan tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal, alias melemah.
Akibatnya, infeksi agen penyakit yang dalam batas tertentu dan ketika kondisinya fit dapat ditangkal oleh sistem pertahanan tubuh, menjadi lebih mudah masuk ketika kondisi burung tidak fit. Sebagian besar agen penyakit masuk melalui lubang hidung (nares) dan / atau mulut, kemudian menembus ke saluran pernafasan.

Oke langsung aja berikut cara menyembuhkan Lovebird yg terkena pilek:
1. Pisahkan burung yang sakit ke kandang kosong dan juga dikrodong full2. Sedot cairan pada hidung dengan spet lalu teteskan spektra pada mulut Lovebird 4 tetes. (Spektra bisa dibeli di toko burung bisanya harganya Rp 15.000)
3. Jangan lupa beri multivitamin di minum burung

Lakukan cara diatas setiap hari sampai burung benar2 sembuh
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment