Sunday 27 October 2013

4 Jenis Burung Lovebird Kaca Mata atau Ring


Dalam peristilahan lovebird kacamata yang semuanya ada 4 jenis, yaitu: Fischeri, personata (masked), nyasa (lilianne) dan blackcheeked (nigrigenis) ada dua pembagian dua warna umum, yang pertama adalah green series (tandanya warna patuhnya merah dadu), dan blue series ( tandanya adalah warna paruhnya putih pink). Adakah jenis lain untuk lb kacamata ini? Jawabannya adalah: ya. Dan yang terakhir ini lahir di Amerika, tepatnya di Canada. Strain terbaru ini disebut Par blue (biru kekuningan). Tandanya, selain warna kuning di leher yang terlihat menyolok, warna paruhnya merupakan perpaduan antara green series dan blue series, yaitu warna orange. Strain terbaru ini biasa disebut juga Yellow Face.Ini fotonya:


Seperti yang saya sebut di atas, ini merupakan strain baru, yang dikembangkan di Amerika, strain ini pertama diumumkan keberadaannya pada tahun 2000. Jenis ini hanya ada dari dua macam saja, yaitu fischeri dan personata. Ini contoh par blue fischeri


Kalau kita perhatikan warna lovebird, sebagai contoh ijo standard, yang lebih soft dari itu kita sebut pastel ijo, dan kl lebih soft lagi dari pastel, itu dinamakan dilute. Mudah2an ilustrasinya mudah dicerna.Jadi dalam lovebird ada istilah dilute yang kl kita terjemahkan secara leterlek cair, jadi seakan-akan warna lb tsb mencair dari warna aslinya.Ini contohnya:


Ini contoh blorok dilute (dompied dilute cobalt fischeri):


Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar istilah "Kepala Elang" pada jenis lovebird fischeri. Kepala elang dalam istilah wong londo disebut sable. Pertanyaannya sekarang, apa pengertian sable pada jenis lb fischeri tsb?Sable adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tipe Lovebird fischeri yang mempunyai warna kepala bersih dan terang. Kalau pada green series, kepala semuanya berwarna oranye bersih. Adapun pada blue series, semua kepalanya berwarna putih bersih, tidak ada warna semburat abu-abunya sama sekali. Jikalau ada sedikit saja semburat abu-abunya, maka belum dikatagorikan sable sama sekali. Adapun pada jenis par blue, semua kepalanya harus berwarna kuning bersih.


Secara genetik ada yang berpendapat sable merupakan hibrid dari fischeri vs personatus, ada juga yang menganggap sable merupakan hasil dari selektif breeding jenis fischeri, dicirikan oleh warna kepala dan leher yang berwarna merah pekat membentuk seperti kalung sehingga sering diistilahkan ngalung.


Ketika kita berbicara warna hijau pada jenis lovebird, kita mendapatkan 3 warna berbeda, yang pertama yang kita sebut ijo standard, yang pertama ini yang dinamakan wildcolour, maksudnya warna asli lovebird sebelum terjadi mutasi. Yang kedua adalah dark green (hijau tua) dan ini sudah terjadi mutasi. Yang ketiga yaitu Double Dark Green (DD Green) dan disebut juga olive, dan ini juga sudah hasil mutasi.Ini ilustrasinya:


Yang paling kiri, itu yang ijo standard, dan burung tersebut pernah meraih juara satu di kontes kecantikan lovebird. Jadi sebetulnya ijo standard juga ada kontes kecantikannya selain sering kita pake disini sebagai burung lomba suara.

Contoh gambar semuanya fischeri. Kl rekan2 ingin mengetahui lb ori galur murni di fischeri seperti apa, ya itu dia yang sebelah kiri, dia masih murni darah fischerinya.

Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (disebut mutasi titik) maupun pada taraf kromosom. Mutasi pada tingkat kromosomal biasanya disebut aberasi. Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar bagi kalangan pendukung evolusi mengenai munculnya variasi-variasi baru pada spesies.Berbagai mutasi pada burung Lovebird dalam penangkaran selama berabad-abad oleh manusia, telah menghasilkan berbagai ragam dan corak warna bulu yang sangat menarik dan unik. Dari warna hijau alami pada lovebird muncul beragam jenis warna seperti : albino, lutino, creamino, blueino, pied, warna-warna pastel, mauve, sampai munculnya halfsider.Dinamakan Halfsider karena separuh sisi berwarna lain dengan sisi yang lain. Jika dilihat dari sisi kiri berwarna lain, dan dilihat dari sisi kanan berwarna lain. Seolah-olah ada 2 ekor burung yang berbeda. Mutasi halfsider sangat langka dan sulit dihasilkan serta tidak bisa diprediksi seperti pada Lutino dan Albino. Probalitas / kemungkinan untuk pemunculan halfsider sangat kecil persentasenya.




halfsider tidak bisa diturunkan kepada anakannya. Halfsidser terlahir sebagai bonus untuk sang breedernya. bagaimana tidak?! Ini halfsider di bawah ini, sodaraannya yang notebene berwarna biasa, paling tinggi laku dijual 750 rb seekor, nach dia sendiri diambil collector dengan harga fantastis, hampir 20X lipat harga sodaranya. Ini dia:


Pembahasan sekarang adalah istilah spangle.Spangle dikenal di Eropa sebagai dengan sebutan dominat edge, atau mereka sebut edge. Ilustrasi mudahnya seperti pola tritis pada burung merpati. Spangle ini pada jenis pischeri dan personata sifatnya dominant secara parsial, maksudnya, meskipun dominant, tidak semua keturunannya selalu keluar.spangle juga. Ada dua dua factor dalam dalam genetika spangle. Yang pertama SF (single factor) yang berarti pola spanglenya tidak begitu jelas dan ketara, yang kedua DF (double factor), yang maksudnya pola spanglenya sangat jelas dan ketara sekali.Sekarang apa tanda yang bisa dilihat dengan mata kl lb tsb spangle atau bukan? Spangle di green series, seakan-akan di balik warna biru atau warna kuning ada warna hijau kehitam-hitaman, dan pada blue series, seakan-akan di bawah warna birunya ada dasar warna putih.Ini slah satu contohnya, Dilute spangled olive personatus:



Sable Spangled Pastel Yellow Fischeri


Pengertian pastel pada warna artinya: lembut atau kalem. Nah sekarang pengertian pada warna lovebird maksud lho apa?Pastel pada lovebird menunjukan bahwa masih terdapat sekitar 50 persen eumelanin hitam pada bulu lovebird tsb. Hal ini menyebabkan warna terlihat lebih pudar/pucat. Biru menjadi biru muda, hitam menjadi abu abu dan hijau menjadi hijau kekuningan. Secara keseluruhan warna tubuh menjadi lebih pucat, sayap terbang terlihat abu-abu muda bahkan putih. Warna merah dan kuning tidak terpengaruh karena tidak diproduksi oleh sel pigmen. Personatus akan memiliki warna topeng abu abu muda dengan psittacine merah yang masih terlihat, berwarna kecoklatan. Warna dada dan lingkar leher tetap kuning. Istilah pastel hijau, jika melibatkan faktor gelap adalah pastel D green atau pastel DD green (pastel olive), Untuk seri biru pastel blue (pastel biru), pastel D blue (Pastel biru cobalt) dan pastel DD blue (pastel mauve). Pastel diwariskan secara resesif. Kombinasi pastel dengan ino menghasilkan warna pastel yang lebih pucat. Pastelino di Eropa tidak diiikutkan dalam kontes warna.Ini contoh foto PastelIno fischeri:


Biasanya paskun dihasilkan dari pasangan paskun sendiri, itu yang lebih mudah, bahkan dari indukan lutino juga bisa, atau anakan paskun vs pasjo, atau indukan pasjo dua2nya. Kl hijau standard, gennya sangat kuat sekali, bahkan kl kita jodohkan biru dengan ijo standard, 80% anakannya ijo stndard.

Untuk melahirkan anakan lutino tetap harus ada darah inonya, bukan hanya sekedar menjodohkan paskun sama paskun keluar lutino. Saya punya teman punya sepasang ijo standard, beberapakali produksi anakannya tidak pernah keluar ijo standard, anakannya rata2 terdiri dari pasjo, paskun dan lutino. Itu berarti meskipun ijo, tapi dia split lutino. Begitu juga paskun, kl split lutino bisa keluar anakan lutino, tapi kl tidak ada darah inonya, ya anakannya tidak akan keluar ino.

Empat jenis lovebird kacamata wildtype (galur murni) mudah2an kita sudah bisa membedakan antara keempat jenis ini.- Kiri atas fischeri (Agapornis ficheri)- Kiri bawah Nyasa (Agapornis lilianae)- Kanan atas Masked Lovebirds (Agapornis personata)- Kanan bawah Black Cheecked (Agapornis nigrigenis)Disebut wildtype; karena masih warna asli seperti di alam liarnya, sebelum terjadi mutasi warna.



Tulisan Ini Diambil dari postingan om Budiyansyah Abu Nizar di KLISemoga Bermanfaat 

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment